Nyaman Magang Karena Budaya yang Friendly

“Aku sangat nyaman magang di Media AKUTAHU dengan budaya kerja yang sangat friendly. Para user sangat baik untuk menjelaskan mengenai tugas, lalu menghargai dan memberikan masukan mengenai hasil karyaku."

 

Pengalaman aku magang di Media AKUTAHU sebagai Video Editor itu bisa dikatakan pengalaman yang seru dan menantang banget. Pertama kali ketemuan virtual lewat aplikasi zoom, aku bisa lihat founder Media AKUTAHU Pak Isnaeni dan kakak-kakak Media AKUTAHU sangat welcome sama anak-anak magang. Mereka mengajak dan memastikan satu per satu anak magang untuk memperkenalkan dirinya, begitu juga dengan mereka yang sangat terbuka untuk bercerita tentang budaya kerja di Media AKUTAHU atau bahkan sekedar bercerita tentang kabar kita semua di hari itu. Pokoknya pertemuan virtual pertama penuh dengan warm feeling.

Kedua, mengenai pekerjaan magang aku sebagai Video Editor di Media AKUTAHU itu benar-benar menyenangkan dan menantang. Karena aku sebagai Video Editor diberi kebebasan untuk berkreasi dengan tugas yang diberikan. Misalkan, tugas pertama disuruh untuk membuat video audio spectrum. Saat itu aku belum pernah membuat video audio spectrum jadi user memberikan waktu untuk belajar membuat audio spectrum dengan tema bebas terlebih dahulu. Lalu, setelah dianggap video audio spectrum buatan aku layak, user mulai memberikan bahan-bahan yang sesungguhnya. Setelah itu, aku mulai mendapatkan tugas-tugas untuk keperluan Media AKUTAHU dan aku sebagai Video Editor tetap diberikan kebebasan untuk mengeluarkan ide-ide dan ilmu editing yang aku miliki selama ini kedalam tugas video yang diberikan. Alur kerjaku sebagai Video Editor, dimulai dari mendapatkan bahan-bahan editing seperti beberapa video mentah, grafis atau gambar, kemudian aku olah menjadi sebuah video yang menarik dan nyaman untuk ditonton oleh publik. Terakhir video dilihat oleh user dan terjadi proses timbal balik disitu seperti adanya revisi yang kemudian harus aku perbaiki dan dikirim kembali hasil revisi ke user.

Terakhir, karena sejak akhir tahun 2019 hingga sekarang sedang ada pandemi COVID jadi Media AKUTAHU mengharuskan anak magang untuk bekerja di rumah atau sebutannya ‘Work From Home’. Media AKUTAHU juga memberikan insentif per harinya untuk anak-anak magang. Sejauh ini, pekerjaanku tidak ada yang terhambat selama bekerja dari rumah, hanya saja aku, kawan-kawan magang lainnya dan kakak-kakak Media AKUTAHU jadi tidak bisa bertemu secara langsung untuk mengenal lebih dekat dan berkoordinasi secara tatap muka.

 Secara keseluruhan, aku jadi banyak belajar hal baru untuk menjadi seorang Video Editor dan juga mendapatkan koneksi baru dari Media AKUTAHU dalam dunia kerja. Segala hal yang aku dapatkan dari Media AKUTAHU merupakan pelajaran yang berharga. Hingga saat ini, aku sangat nyaman magang di Media AKUTAHU dengan budaya kerja yang sangat friendly. Para user sangat baik untuk menjelaskan mengenai tugas, lalu menghargai dan memberikan masukan mengenai hasil karyaku. Begitu juga dengan aku yang dapat memberikan pendapat mengenai tugas video yang diberikan.

Penulis: Shifa Syabilla

Editor: Yusnaeni